Alasan Kenapa Gue Milih Zenius

Zenius education

Di indonesia itu banyak banget tempat-tempat bimbel dan macem-macem tipenya. Ada yang reguler biasa rame-rame ada yang privat dan ada yang pake media digital kaya zenius. Dari sekian banyak bimbel, yang gua percaya buat nemenin gua belajar itu Zenius. Kenapa gua milih zenius? pertanyaan itu bakal  terjawab diartikel ini. Jadi kali ini gua mau nulis tentang apa alasan gua milih Zenius buat nemenin dan ngebantu dalam belajar. Pertama gua mau cerita dulu gimana awalnya bisa tau Zenius. tapi sebelumnya barang kali ada yang masih balum tau Zenius itu apaan ni gua kasih sedikit penjelasan apa itu Zenius. Jadi  Zenius adalah salah satu layanan belajar di indonesia yang menyediakan konten-konten buat belajar berupa video mulai dari SD sampai SMA, untuk lebih lengkapya lo bisa cek langsung di websitenya Zenius.net.                                                                                         
#AWAL MULA GUA KENAL ZENIUS

Jadi ceritanya waktu itu gua baru aja lulus smp, dan alhamdulillah keterima di salah satu SMA favorit dikota gua yang sebelumnya ga pernah terbayangkan bakal masuk situ. Gua itu tipe orang yang suka ngejar nilai dan ga mau kalah dari orang lain. Semester pertama dan kedua masih aman, gua masuk peringkat 5 besar. 

Disemester tiga temen-temen gua pada ikut bimbel, ya sekitar 45% an lah, karna waktu itu ada promosi dari salah satu bimbel ke sekolah dan wali kelas juga merekomendasikan buat ikut bimbel. Terus gua juga bilang ke bapak gua kalo temen-temen gua pada ikut bimbel, dan seketika mukanya langsung berubah kaya bingung gitu, terlebih pas liat brosurnya bapak gua bilang "Inimah mending ga usah sekolah, bimbel aja udah (pake bahasa sunda). Mungkin karena emang harganya lebih mahal dari pada biaya sekolah. Dan lagi pula gua agak skeptis sama yang namanya bimbel-bimbel, karna banyak juga temen-temen gua yang bimbel tapi gitu-gitu aja, ditambah lagi jarak tempat bimbel ke rumah gua jauh banget dan banyak pertimbangan lain (gua jelasin dibawah).

Dan akhirnya gua belajar semampu gua aja, paling-paling gua cari-cari tambahan dari internet. Gua searching sana-sani, ubek-ubek google, Tapi tetep aja ga ngebantu banyak, masih sama aja belajar pake buku. Terus gua coba cari di youtube ternyata banyak tuh video-video pembelajaran, dan ini lumayan lah walaupun tetep aja yang ada di youtube cuma dikit dan kadang judul sama isinya ga sesuai. 

Terus gua coba cari video via google berharap ada web lain yang nyediain video pembelajaran. Gua bukain semua link dari atas sampe bawah, dan akhirnya gua nemu yang menurut gua oke, dan itu adalah webnya zenius. Waktu itu ternyata yang gua liat cuma trial aja dan harus jadi premium member kalo mau nonton semua videonya, tanpa pikir panjang langsung gua close websitenya (Kesel banget gua waktu itu, ada yang bagus eh tapi harus bayar -_-) . Dan akhirnya lanjut searching.

Pas waktunya bagai rapor gua kaget plus heran ternyata semester ini 10 besar aja gua ga masuk, jauhlah pokonya. Padahal rata-rata nilai gua naik, gua ga nyangka ternyata temen-temen gua yang bimbel cepet banget perkembangannya. Ini warning banget buat gua, gua bingung harus gimana belajarnya, terus gua ke inget zenius. Gua coba buka lagi webnya, liat-liat testimoninya, ternyata respon dari usernya bener-bener mengesankan dan bikin gua ngiler. Gua cek harga vouchernya masih berat bagi gua, tapi gua liat ada produk lain yang agak murah, yaitu DVD satuan yang ada voucher 1 minggu. Akhirnya gua coba beli, dan gua manfaatin tuh voucher yang seminggu buat belajar pelajaran di semester 4, kebetulan waktu itu ada libur akhir semester seminggu jadi banyak waktu buat nontonnya. Seminggu itu gua cuma belajar fisika sama matematika (ga semua si tapi lumayan lah).

Pas masuk sekolah, beh ajaib. ibaratnya gua udah tau apa yang bakal di omongin sama guru, bahkan kadang-kadang gua suka protes kalo konsepnya ga sesuai sama yang gua dapet di zenius. Dan akhirnya disemester ini gua masuk lagi ke sepuluh besar. Masuk semester 5 Temen-temen gua berbondong-bondong pada ikut bimbel, paling cuma 2 atau 3 orang yang ga ikut termasuk gua. Gua pengen banget buat beli Xpedia kelas 12 tapi lagi-lagi kendalanya di uang. akhirnya gua cari cara lain buat dapetin Xpedia, gua coba cari-cari di toko jual beli online berharap ada yang jual bekas. Akhirnya dapet yang harganya lebih murah dari harga asli, gua seneng banget karena akhirnya punya juga Xpedia walaupun bekas dan banyak yang ga ada kaya voucher yang 1 tahun dan voucher zenius club(ya namanya juga bekas) yaa at least gua bisa belajar pake zenius.

  First Impressions With Xpedia

Pas pertama kali gua liat video zenius learning di Xpedia menurut gua itu tuh bener-bener penting banget, dan ini jarrang banget dijelasin di sekolah atau tempat lain. Salah satu yang gua suka itu tetang Learning How to Learn ini bener-bener ngerubah mindset gua dalam belajar, gua jadi tau esensi beajar itu bukan sekedar buat dapet nilai tinggi, terus dapet ranking 1 atau biar lulus ujian, SBMPTN atau semacamnya. tapi belajar itu harus guna juga dalam artian harus bener-bener ngerti ilmunya dan tau penerapannya dalam realita itu gimana yang akhirnya bisa bikin cerdas beneran bukan cerdas cuma karena angka-angka di buku rapor. 

#KENAPA GUE MILIH ZENIUS?

Sebelumnya gua udah ceritain gimana gua bisa ketemu dan akhirnya bisa belajar bareng si zen, nah sekarang gua mau jelasin kenapa gua milih zenius, apa alasan gua. Mungkin dari cerita di atas udah ketauan alasannya apa, tapi di sini gua mau coba bahas secara khusus dan ada beberapa poin yang gua aware setelah pake zenius dan ini bikin gua tambah yakin zanius emang pilihan yang terbaik buat gua. Kira-kira alasan gua milih zenius udah gua rangkum seperti gambar di bawah.
kelebihan zenius

1. Metode Belajar Efektif dan Efisien

Gua itu pengen banget belajar tapi kehidupan sosial atau segala hobi gua tetep jalan, nah ternyata zenius nawarin gimana cara belajar yang efektif dan efisien. Belajar yang bener tapi masih bisa jalanin aktivitas lain. Dan alhasil gua pake zenius, gua masih bisa aktif di 2 organisasi di SMA tapi akademik tetep jalan.

Focus On Concepts

Ini salah satu yang menarik dari zenius. Zenius selalu mempropagandakan kalo cara belajar sama zenius itu focus on concepts bukan dengan cara di hafalin, dan setelah gua pake zenius emang bener tutornya itu selalu jelasin materi bener-bener dari basic dulu ga ujug-ujug ada rumus. Dan akhirnya lama-lama gua jadi terbiasa belajar dari konsep.

Change Mindset dalam Belajar


Kalo yang ini gua dapetin setelah nonon Zenius Learning di Xpedia. Seperti yang udah gua jelasin di atas semenjak pake Xpedia gua jadi ngerti esensi dari belajar yang sebenernya. Bukan sekedar untuk nilai, bukan sekedar supaya lulus ujian atau apalah tapi ilmu yang gua pelajari itu harus bener-bener guna dalam kehidupan dan bikin cerdas. Dan sedikit demi sedikit mindset gua soal belajar mulai gua ubah yang akhirnya belajar jadi lebih efektif karena ga cuma teori tapi juga dibarengi dengan penerapannya dalam realita.

Gaya Bahasa Santai



Di Zenius itu kata "gue, lo" seakan udah jadi ciri khas dari zenius. Dan ini unik menurut gua, ditempat lain kayanya ga ada yang sesantai ini. Mungkin ada tapi jarang apa lagi di sekolah, dan apa lagi di sekolah gua, sekolah tertua di kota gua yang katanya gurunya itu guru dari para guru karena banyak muridnya yang jadi guru juga di sekolah itu. Lo bisa bayangin gimana cara mereka nerangin, dan pas pake zenius itu seakan gua ngerasain atmosfir baru dalam belajar (Jadi kaya diajarin kakak sendiri :D).

24 Hours Available & Jempol Friendly

Yang ini nih bisa gua bilang jagonya Zenius karena cuma zenius yang siap nemenin belajar kapan aja dan di mana aja. Gak peduli mau jam berapapun mau jam 1 dini hari juga oke kalo gua mau, ga peduli mau seberapa lama intensitas belajarnya mau 24 jam non stop juga oke (belum pernah gua), ga peduli dimana pun gua berada zenius selalu ready buat nemenin belajar. dan bisa hemat waktu lebih banyak.

Bikin "Oh Moment"



Nah ini gua rasain pas pertama kali gua nyasar ke salah satu video di web Zenius. Gua nyasar ke video matematika yang tutornya Sabda P.S , gua agak lupa materinya tentang apa tapi yang jelas video pertama itu lagi bahas definisi. ketika gua liat videonya gua kaya jadi ngerti sesutu yang penting tapi gua abaikan. Karena waktu itu gua udah paham itu materi kaya rumus segala macem tapi gua ga tau inti dari dari materi itu tuh apa. Jadi yaa semacem tercerahkan gitu lah. Sejak itu gua jadi tau kalo pahamin definisi itu penting.

Adiktif & Enjoyable

Sejujurnya gua belum dapetin ini sepenuhnya, gua masih ada rasa bosen kalo belajar. Tapi, walaupun adiktifnya belum dapet gua udah dapet enjoynya belajar ya walaupun kadang harus dipaksa dulu, tapi di Zenius learning itu emang bener-bener ngajarin supaya belajar itu jadi kebutuhan bukan kewajiban.

2. Bahan Belajar Lengkap Banget

Ini yang pertama kali gua cek di webnya zenius, materi lengkap dari SD sampe SMA baik kurikulum 2006 atau kurikulum 2013 .

Relevan dengan Materi sekolah

Gak cuma lengkap tapi juga relevan dengan materi sekolah. Semua mata pelajaran udah tersusun secara sitematis jadi gampang kalau mau cari materi. Gua bisa belajar duluan sebelum belajar di sekolah, kalo lupa materi di sekolah tinggal puter video di zenius.

Modul Soal Lengkap

Wah kalo ini jangan ditanya di webnya zenius buanyak banget soal. Puas dah pokoknya mau soal apa juga ada, soal-soal UN, SBMPTN, SIMAK UI, UTUL UGM dll. Malah sola-soal di zenius itu suka di pake sama bimbel-bimbel di luar sana. Gua pernah liat temen gua bawa-bawa modul soal dari zenius terus gua tanya gua: "Eh lu pake zenius?" temen gua :"kagak, ini dari tempat bimbel gue"

Pembahasan Mendalam

Ini salah satu yang gua seneng dari zenius, kalo bahas soal gak langsung dijawab gitu aja tapi selalu review materi dan balik ke konsep dulu baru dijawab. Jadi gua ngerti secara menyeluruh bukan cuma buat satu soal yang di bahas doang. Apalagi kalo ka Pras bahas soal, beuh bahas soal satu aja kaya jelasin satu bab (gak juga sih hehe, tapi serius lama banget)

3. Zenius Lebih Oke dari yang Lain (Baca:Lebih baik dari yang lain)

Di bagian ini gua membandingkan antara zenius dengan salah satu Bimbel yang ada di daerah gua. Dan hasilnya ga diragukan lagi emang Zenius lebih tepat buat gua. Dari beberapa hal yang gua bandingin zenius cenderung lebih baik buat gua ketimbang bimbel lain. Di sini gua ambil perbandingan dengan salah satu tempat bimbel yang siswanya banyak dari temen-temen gua, sebut aja nama bimbelnya Bimbel Z.

Harga Lebih Murah


zenius education

Dari gambar di atas jelas banget perbedaannya, yang paling mahal di zenius aja itu masih jauh lebih murah dari pada biaya termurah di bimbel Z dan itupun untuk yang SD.

Gak Ada Jarak (Ada si, tapi bisa diukur pake penggaris)


zenius education

Gua pernah denger cerita dari temen gua katanya kalo dia bimbel itu nyampe rumah bisa jam 9 malem. Gak kebayang udah di sekolah dari pagi sampe sore, tambah bimbel pulang malem pula. Bukan soal jaraknya yang jauh tapi berapa banyak waktu yang ke buang buat diperjalanan itu sebabnya zenius itu emang alternatif yang paling tepat buat gua, ditambah lagi gua ga punya kendaraan, motor ga ada, mobil ga punya, apalagi helikopter mah (canda :D)

Intensitas Belajar Semau Gua, mau 24 jam juga oke


zenius education

Nah kalo yang ini emang jagonya zenius. bisa kapan aja, dimana aja, dan sampe kapan aja. Apalagi kalo udah prepare buat SBMPTN gua berenti belajar itu cuman pas tidur, makan (kadang makan sambil belajar malah), solat, dan kalo ada keperluan lain. Bahkan gua pernah punya pengalaman yang menyakitkan karena keasyikan belajar, waktu itu gua pernah ketiduran dan di samping gua masih ada laptop kebuka dan gua ga tau itu laptop hampir aja patah karena keusik-usik gua, dan lu tau gimana cara gua bangun? kaki gua dipukul kenceng banget sama bapak gua plus di omelin tingkat dewa, sejak itu gua kapok belajar di atas kasur (malah curhat :D)


Cara Nerangin Lebih Santai Tapi Konsepnya Dapet


zenius education

Yah ini karena emang gua suka sama cara tutor zenius nerangin materi, santai tapi konsepnya dapet. Dan ini belum tentu bisa gua dapetin di tempat bimbel lain. 

Kalo Lupa Tinggal Replay Video


zenius education

Ini juga salah satu keunggulan Zenius dibanding tempat bimbel biasa.Kalo lupa tinggal ulang, kalo belum ngerti tinggal ulang. Yah pokona mah mau diulang-ulang sampe seribu kali juga si zen ga bakal keberatan.

Baca Juga: Uniknya Zenius Dibanding Yang Lain

So, dari pertimbangan-pertimbangan di atas gua jadi makin yakin kalau zenius emang the best buat gua. Okay itulah alasan gua kenapa milih Zenius. Pada dasarya setiap orang punya alasan masing-masing dan pertimbangan yang berbeda-beda tapi setidaknya tulisan ini mungkin bisa bantu lo yang lagi bimbang mau bimbel, privat atau mau pake zenius. 

(Request: Kalau menang yang Big History ya ka :D)


****
Referensi:

https://www.zenius.net/
https://www.zenius.net/blog/
https://www.zenius.net/blog/5510/fixed-mindset-growth-mindset https://www.zenius.net/c/384/learning-how-to-learn
https://www.zenius.net/cg/81/zenius-learning-and-xpedia-guide https://youtube.com/watch?v=v0Im8yvD-kg https://alfinsanders99.blogspot.co.id/2016/12/review-zenius-by-gue.html

Sumber Gambar:

https://www.zenius.net/info
https://www.zeniusmultimedia.com/
https://www.zenius.net/blog/11944/meme-zenius
https://www.zenius.net/voucher-purchase-online https://adoworlds.blogspot.co.id/2015/01/zenius-change-mindset-change-life.html https://www.freepik.com
https://www.flaticon.com
https://publicdomainvectors.org/
https://www.google.co.id/maps/
https://www.nurulfikri.co/

3 comments:

  1. Jangan lupa kunjungi juga blog saya di http://kevintitohutahaean.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  2. Izin nyantumin fotonya di blog gue yaa. Sumber tetap dicantumin ko :D

    ReplyDelete