Al-qur'an
image: pixabay.com
Sebagai umat islam sudah wajib bagi kita untuk mengimani Al-Qur'an. Tanpa ada keraguan sedikitpun kita harus meyakini semua yang ditulis di al-qur'an adalah benar. Namun kita sering kali khilaf dan meragukan ayat-ayat yang menurut akan manusia itu tidak mungkin. wajar saja karena memang kita ini adalah generasi yang sangat kritis, semuanya harus ada bukti semuanya harus ada fakta. memang begitulah manusia. oleh karena itu untuk mengatasi menutup celah keraguan kita kepada al-quran saya akan paparkan 
Bukti-bukti Kebenaran Al-quran yang telah dibuktikan dengan sains modern.

1. Teori Big Bang 


big bang

Fakta tentang teori terciptanya alam semesta ternyata relevan dengan teori yang digunakan sekarang dan al-qur'an sudah menerangkan kejadian ini 1400 tahun yang lalu. Dalam QS. Al-
Anbiya ayat 30 telah menerangkan bagaimana bumi dan alam semesta ini terbentuk.
“Dan Apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka Mengapakah mereka tiada juga beriman?"
Baca Juga: Al-Qur’an dan Sains: Teori Big Bang

2. Garis Edar Planet dan Benda Luar Angkasa Lainnya


planet


“Dan Dialah yang telah menciptakan malam dan siang, matahari dan bulan. Masing-masing dari keduanya itu beredar di dalam orbitnya.” (Surah Al-Anbiyaa: 33).
sejak kita duduk di bangku sekolah dasar saya yakin kita semua sudah tau kalau planet bergerak sesuai garis edarnya atau biasa kita sebut orbit itu sebabnya planet-planet tidak saling bertabrakan satu sama lain dan tetap berjalan pada jalurnya. 

3. 7 Lapis Lapis Langit


Atmosfer
Sampai saat ini diketahui bahwa atmosfer kita terdiri dari 7 lapisan yang berbeda dan sesuai dengan firman allah.
هُوَ الَّذِي خَلَقَ لَكُمْ مَا فِي الأرْضِ جَمِيعًا ثُمَّ اسْتَوَى إِلَى السَّمَاءِ فَسَوَّاهُنَّ سَبْعَ سَمَاوَاتٍ وَهُوَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمٌ
” Dia-Lah Allah, Yang Menjadikan Segala Yang Ada Di Bumi Untuk Kamu Dan Dia Berkehendak (Menciptakan) Langit, Lalu Dijadikan-Nya Tujuh Langit. Dan Dia Maha Mengetahui Segala Sesuatu.”  (Qs Al-Baqarah/2:29)
Baca Juga: Al-Qur’an dan Sains: 7 Lapis Langit

4.  Meluasnya Alam Semesta


Alam semsta mengembang

Seorang Astronot asal California Berhasil menemukan bahwa sebenarnya ala semesta ini tidak diam tetapi terus bergerak saling menjauhi satu sama lain begitu juga dengan firman allah QS Al-Dzariyat ayat 47
"Dan langit itu kami bangun dengan kekuasaan(kami) dan sesungguhnya kami benar-benar meluaskan (mengembangkan)-Nya"

5. Teori Relativitas 


Teori relativitas

jauh sebelum Einstein Menemukan bahwa waktu itu relatif, waktu dapat memendek dan memanjang. Al-qur'an sudah menjelaskan tentang kerelatifan waktu 1400 tahun yang lalu.
"Yang datang dari Allah, yang mempunyai tempat-tempat naik. Malaikat-malaikat dan Jibril naik (menghadap) kepada Tuhan dalam sehari yang kadarnya limapuluh ribu tahun.”  (QS:70:3-4).
Dan masih banyak ayat lainnya yang menjelaskan tetang kerelatifan waktu. Baca Juga: Al-Qur'an dan Sains: Teori Relativitas Dan Takdir 

  6. Kulit Sebagai Sumber Perasa Sakit


kulit

Sebagai mana firman allah:
“Sesungguhnya orang-orang yang kafir kepada ayat-ayat Kami, kelak akan Kami masukkan ke dalam neraka. Setiap kali kulit mereka hangus, Kami ganti kulit mereka dengan kulit yang lain, supaya mereka merasakan adzab. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (QS. An-Nisaa : 56)
pernah ada kisah seorang dokter kulit yang masuk islam karena membaca ayat ini. iya sadar bahwa ternyata jauh sebelum manusia tau reseptor rasa sakit ada dikulit allah sudah menggambarkan di ayat diatas dengan menghukum orang kafir dan terus mengganti kulitnya supaya rasa sakitnya timbul terus menerus.

7. Air laut Yang Tidak bercampur


air laut  tak bercampur

Di sekitar Selat Giraltar terdapat perairan yang memiliki dua jenis air yang berbeda dan tidak bercampur. hal ini sesuai dengan firman allah:
 Dalam surat Ar-rahman ayat 19-20 allah berfirman “Dia membiarkan dua lautan mengalir yang keduanya kemudian bertemu. Antara keduanya ada batas yang tidak dilampaui masing-masing.” 
Baca Juga: Al-Qur’an dan Sains: Dua Air Laut yang Tak Bercampur 

8. Sungai Di Bawah Laut 


sungai dibawah laut

Seorang fotografer profesional berhasil menangkap pemandangan suatu sungai yang mengalir dibawah laut dan lagi-lagi hal ini membuktikan firman allah dalam al-quran surat Al-Furqan [25] ayat 53
Dan Dialah yang membiarkan dua laut mengalir (berdampingan); yang ini tawar dan segar dan yang lain sangat asin lagi pahit; dan Dia Jadikan antara keduanya dinding dan barat yang tidak tembus.”

Baca juga: Al-Qur’an dan Sains: Sungai di Bawah Laut 

9. Gunung Yang Bergerak


gunung everest
Dalam al-quran kita tahu bahwa gunung-gunung itu tidak diam, tetapi bergerak mengikuti pergerakannya awan sebagaimana firman allah

"Dan kamu lihat gunung-gunung itu, kamu sangka dia tetap di tempatnya, padahal dia berjalan sebagai jalannya awan. (Begitulah) perbuatan Allah yang membuat dengan kokoh tiap-tiap sesuatu; sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan."(Al Qur'an, 27:88)
dan para ilmuan modern telah membuktikan hal ini yang disebut dengan continental drift atau pergerakan mengapung dari benua. 

10. Tidak Ada Oksigen di Luar Angkasa


astronot


Terakhir yang bisa memicu iman saya dan membuat saya terkagum-kagum yaitu tentang ketiadaan oksigen di luar angkasa ternyata telah al-quran bahas 1400 tahun lalu di mana pada zaman tersebut belum ada seorang pun yang pernah pergi ke luar angkasa. hal ini bersesuaian dengan firman allah:


“Barang siapa dikehendaki Allah SWT akan mendapat hidayah (petunjuk), Dia akan membukakan dadanya untuk (menerima) Islam. Dan barangsiapa dikehendaki-Nya menjadi sesat, Dia jadikan dadanya sempit dan sesak, seakan-akan dia (sedang) mendaki ke langit. Demikianlah Allah SWT menimpakan siksa kepada orang-orang yang tidak beriman,”
 (QS. Al-An’am: 125).

Demikian kumpulan Fakta kebenaran Al-qur'an yang bisa saya paparkan semoga bermanfaat dan dapat menambah keimanan kita, mohon maaf bila banyak kesalahan penulisan atau isi. kritik dan saran silahkan sertakan di komentar. terimakasih