Halo guys, Setelah sebelumnya gua nulis tentang Alasan Kenapa Gue Milih Zenius, sekarang gua mau nulis tentang keunikan-keunikan dari salah satu layanan belajar yang fenomenal di indonesia. kali ini gua akan coba mengupas hal-hal yang bener-bener unik dan hanya bisa didapetin di zenius. Artikel ini mungkin bakal agak subjektif karena dibeberapa poin gua pake pandangan gua sendiri tentang zenius. Tapi gua juga bakal coba kasih liat fakta-fakta yang emang bener-bener menggambarkan keunikan zenius.

KENALAN DULU SAMA ZENIUS 

Zenius itu adalah salah satu layanan belajar di indonesia yang menyediakan konten-konten untuk belajar berupa video mulai dari SD, SMP, SMA, dan juga persiapan untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Di zenius tersedia media belajar dalam bentuk DVD per mata pelajaran, Xpedia 2.0, dan belajar online di zenius.net.

UNIKNYA ZENIUS 



1. Cara Ngajar Santai

Ini adalah Hal yang pertama kali gua rasain pas liat video pertama di zenius. Pertama kali gua nyasar ke web zenius dan liat video previewnya gua pikir "weh gaul ni orang". Dan ini unik menurut gua , Jelasin materi santai tapi berbobot, dan bener-bener kena inti materinya. Hampir semua konten video dan artikel di blognya zenius pasti pake gaya bahasa yang santai. Beda jauh dengan yang biasa kita denger di sekolah atau ditempat belajar lain, kita biasa dengerin guru jelasin materi pake gaya bahasa yang kaku dan formal, yang kadang bikin jenuh dengerinnya. Sedangkan Kata " Gue Loe" di zenius itu kaya udah jadi standar komunikasi di zenius, jadi antara murid dan tutor seakan ga ada penghalang, alhasil belajar bisa jadi lebih enjoy. Karena gua pribadi dengan cara penyampaian yang santai bikin gua ngerasa bener-bener LAGI BEAJAR bukan DIAJAR.


2. Focus On concepts





Home page Zenius



Kalau soal ini di Home Page web Zenius aja udah terpampang jelas tulisan "Focus On Copncepts" dan ini bukan sekedar slogan doang atau cuma trik marketing buat narik komsumen tapi ini emang kebukti setalah udah nyicipin dalemnya konten zenius. Dari awal video zenius learning udah sering dibilangin BALAJAR ITU JANGAN DIHAFAL tapi HARUS NGERTI KONSEPNYA, dan ini teruus aja di bilangin "konsep konsep dan konsep" di setiap tutornya jelasin materi, jadi emang udah jadi TOP PRIORITAS dalam belajar di zenius. Dan selain zenius sampe sekarang gua belum nemuin layanan belajar lain yang emang bener-bener MENEKANKAN muridnya untuk belajar dari konsep, walaupun ada paling cuma sekilas dan tetep aja masih suka ngasih rumus-rumus cepat tanpa asal-usul yang jelas. Terlebih lagi otak gua lamma banget buat ngafal, jadi cocok deh zenius buat orang kaya gua.


3. Materi Lengkap

Di zenius, dengan hanya jadi premium member kita bisa akses ke SEMUA konten yang ada, mulai dari materi SD sampe SMA, baik kurikulum KTSP atau pun kurikulum 2013. Jadi emang gak ada batasan untuk liat video yang mana. Dan ini menguntungkan banget buat eksplor pengetahuan, terlebih lagi di SBMPTN soal-soalnya ga cuma ngambil dari pelajar di SMA. Jadi bisa jadi lebih leluasa dalam belajar.


4. Punya Zenius Blog






Mungkin Lo bakal bilang "lah kan layanan belajar online lain juga ada blognya?" Iya, Bener. TAPI, di blog zenius itu beda dari yang lain. Beda dari segi apa yang di bahas dan beda cara penyajian dan bobot tulisannya. Artikelnya Gak Cuma Bahas Seputar Pendidikan. Di zenius banyak artikel yang bahas hal-hal diluar pendidikan formal, kaya misalnya tentang ekonomi, politik, tips-tips soal perkuliahan, tentang sains level dewa yang isinya berat tapi dikemas dengan gaya bahasa yang santai. Dan masih banyak hal menarik lainnya. Jadi blog zenius itu bisa jadi bacaan di sela-sela kejenuhan gua karena belajar, dan yang pasti nambah pengetahuan dan ngebuka pandangan gua tentang dunia. Sejak gua suka nongkrong di sini, gua jadi suka semua bidang ilmu, karena ternyata semua ilmu itu ada korelasinya dan ini menarik banget menurut gua. Isinya Berbobot , ini yang bikin blog di zenius beda banget dengan blog di tempat lain. Artikelnya ga dibuat asal-asalan, selalu dilengkapi dengan data-data yang relevan, baik itu cuma hasil pengamatan langsung penulis, hasil survey, hasil riset, atau buku-buku keren. Jadi di zenius ga main-main dalam buat artikel, isinya selalu menarik buat di baca, mudah dipahamin karena gaya bahasanya santi walaupun yang lagi dibahas adalah bahasan yang berat dan tentunya penuh dengan pengetahuan. Sedangkan kalo gua cek ke blog layanan belajar lain rata-rata isinya cuma buat menuh-menuhin konten blog aja, isinya standar dan ga bikin wah pas bacanya.


5. Punya Zenius Learning


Zenius learning ini benurut gua ga ada duanya, di zenius ga cuma ngasih penjelasan materi-materi,belajar ini itu, tapi juga ngasih bimbingan mental. Banyak hal yang sangat penting di zenius learning ini yang sifatnya mendasar, dan berdampak langsung sama kehidupan gua. Di ZL (Zenius Learning) ngajarin gimana caranya berfikir dan punya mindset yang bener, gimana caranya punya tujuan dan motivasi yang kuat, mengerti tentang konsep diri, cara belajar yang efektif, ngatur waktu, dan macem-macem deh yang nantinya penting buat ngebangun Foundation yang kuat.



KEUNIKAN ZENIUS LAINNYA


Selain keunikan di atas zenius juga masih punya keunikan lainnya, bedanya kalo yang ini mungkin layanan belajar lain yang sejenis dengan zenius juga punya, jadi ga mutlak cuma keunikan zenius.

Jempol Friendly,

Dengan pake zenius belajar jadi lebih fleksibel karena bisa dimana aja sesuai kebutuhan. ga terpaku tempat, zenius selalu ready buat nememin belajar



24 Hous Available,

Ga mesti nunggu jadwal belajar dateng, ga mesti nunggu guru private dateng, zenius selalau sedia kapan pun buat nemenin belajar.

Bisa di ulang-ulang,

ini emang jagonya layanan belajar yang berbasis multimedia dan salah satunya zenius. kalo lupa tinggal replay video, ga perlu nanya-nanya langsung ke guru yang beresiko bikin gurunya gregetan karena nanya mulu. Oke, itu lah keunikan-keunikan zenius yang bisa gua paparin, sebenernya masih banyak hal yang menarik dari zenius, tapi secara garis besar udah gua paparin diatas. Kalo ada pertanyaan silahkan berkomentar di kolom komentar di bawah. (Request: Kalo menang yang Big History ya ka :D)


****

Referensi: https://zenius.net


https://zenius.net/blog

https://www.zenius.net/cg/81/zenius-learning



Sumber Gambar:

https://zenius.net

https://zenius.net/info

https://zenius.net/blog

https://www.freepik.com