al-quran & sains


Salah satu teori yang menjelaskan bagaimana alam semesta in bisa terbentuk adalah teori ‘Big Bang’. Teori ini ditemukan baru-baru ini pada abad 20-an dengan teknologi canggih saat ini, teori ini juga sekaligus mematahkan pemahaman yang menganggap alam semesta ini statis,yang menganggap alam semesta itu tidak mempunyai awal dan akhir, terbentuk dengan sendirinya dan akan tetap ada selamanya. Dan ternyata Al-qur’an sudah menjelaskan hal 14 abad sebelumnya dimana ilmu astronomi masih terbelakang.




Dalam teori Big Bang ini dijelaskan bahwa alam semesta ini awalnya adalah satu titik yang sangat kecil amat sangat padat yang kemudian materi yang sangat kecil tersebut meledak dan menghasilkan materi materi lain seperti bintang-bintang, planet, asteroid dan benda luar angkasa lainnya termasuk bumi yang kita pijak ini adalah bagaian dari suatu titik materi tersebut.

Al-Qur’an telah menjelaskan hal ini jauh sebelum teknologi modern ditemukan dan saat orang-orang pada jaman tersebut belum begitu tahu tentang ilmu astronomi.


QS. Al-Anbiya ayat 30 telah menerangkan bagaimana bumi dan alam semesta ini terbentuk.


“Dan Apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itukeduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya.dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka Mengapakah mereka tiada jugaberiman?"

Ayat menjelaskan allah telah memberikan tanda-tanda kebesarannya kepada manusia tetapi orang-orang kafir masih saja mengingkarinya. Kata “sesuatu yang padu” bisa diinterpretasikan suatu titik materi, sedangkan kata “langit dan bumi” maksud kata “langit" disini diartikan sebagai ruang diluar bumi atau ruang angkasa seperti bintang-bintang dan galaksi lain diluar angkasa. Kata “kemudian kami pisahkan antara keduanya” bisa diartikan suatu ledakannya yang maha dahsyat dari suatu materi padat tadi sehingga menghasilkan benda-benda seperti planet bintang da benda luar angkasa lainnya. Jadi apa yang disampaikan pada ayat ini ternyata cocok dengan ilmu pengetahuan yang ditemukan pada abad 20 ini dari tidak bisa dipungkiri para ilmuan eropa juga mengakui teori Bin Bang adalah satu-satunya teori yang relevan pada saat ini.

Subhanallah allah sang pencipta segalanya telah menjelaskan dengan jelas bagaimana bumi dan alam semesta ini di buat. Hal ini membuktikan kebenaran al-qur’an, tidak hanya ini masih banyak ayat lain yang berhubungan dengan dunia sains, tidak kurang dari 750 ayat tentang sains terutama ilmu kosmologi. Hal ini di tunjukan oleh allah tidak lain untuk menunjukan kepada kebenarannya, menyeru kepada kita supa kita berpikir untuk apa kita hidup di dunia ini. Wallahu A'lam Bishawab.