Anda susah untuk tidur ? dan sering bangun kesiangan? Mungkin bagi sebagian orang untuk tidur tepat waktu dan bangun untuk shalat malam adalah hal yang sulit untuk dilakukan. Dan mungkin anda salah satunya. Bagi anda yang ingin disiplin dalam tidur dan tidak kesiangan ketika bangun mari simak tips berikut saya akan jelaskan dengan singkat Cara Supaya Mudah Tidur dan Mudah Bangun Supaya Bisa Shalat Malam.
Satu hal yang harus anda ketahui untuk bangun dan menjalankan shalat bukanlah hal yang sulit tetapi yang sulit adalah untuk konsisten atau sitikomah menjalankannya.

tidur

#1. Jangan Stress!




Ini penting untuk menjaga tidur anda supaya berkualitas. Cobalah untuk menyelesaikan persoalan dunia anda terlebih dahulu sebelum anda tidur. Karena jika kondisi otak kita dalam keadaan tertekan dan banyak pikiran yang mengganggu hal ini bisa membuat otak anda untuk beristirahat akibatnya anda akan susah tidur. Cobalah untuk bersantai terlebih dahulu sebelum tidur, anda bisa duduk-duduk di teras rumah sambil minum teh atau menonton acara tv kesukaan anda supaya otak anda terbebasan dari masalah-masalah dunia.       

#2. Pastikan Anda Tidur di atas tempat tidur yang rapi




Mungkin terdengar sepele karena banyak orang yang kamarnya berantakan bantai di sana sini tapi tetap bisa tidur. Tapi ingat! Kita tidak hanya ingin bisa tidur tapi juga supaya bisa bangun dini hari, dengan kondisi seperti tadi kemungkinan kita masih bisa tidur tetapi tidur kita bisa kurang nyaman dan akhirnya akan sulit untuk bangun di sepertiga malam. Jangan salah meski terdengar sepele tetapi ini mempengaruhi kondisi alam bawah sadar anda saat tidur.

#3. Jangan Makan Terlalu Malam

Setidaknya paling lambat jangan mekan lebih dari jam 8 malam. Jika anda makan terlalu malam kemudian tidur hal ini bisa membuat anda malas untuk bangun selain itu tidur dalam kondisi lambung penuh oleh makanan yang belum diproses dapat penyebabkan lambung anda tetap bekerja pada saat anda tidur dan tidak baik pula untuk kesehatan.

#4. Ingat Faedah-faedah yang kita dapat kalau melaksanakan shalat malam

Cara ini sebagaimana yang pernah saya dengar dari seorang ustadz ketika sebelum tidur setidaknya bacalah 5 manfaat shalat malam insyaallah dengan begitu pikiran kita akan ter setting dan akan semangat untuk bangun dan melaksanakan shalat malam.

#5. Pasang alarm rangkap




Jika anda tipe orang yang susah untuk bangun cobalah pasang alarm lebih dari satu dengan jeda waktu tertentu, karena dengan ini bisa membantu anda ketika alarm pertama anda masih belum bangun juga. Tapi ingat jangan mentang-mentang ada alarm kedua anda mengabaikan alarm yang pertama, tetap usahakan bangun saat alarm pertama berbunyi.

#6. Cara paling ampuh, doa sebelum tidur

Sejauh ini yang cara yang selalu saya pakai dan terbukti ampuh,  sebelum tidur anda bisa berwudhu terlebih dahulu supaya terbebas dari gangguan setan. Pada saat sudah di tempat tidur cobalah untuk tenang dan tarik napas pelahan kemudian bacalah ayat kursi setelah itu berdoalah supaya tidur anda nyaman dan dijauhkan dari gangguan setan minta juga serta dibangunkan di sepertiga malam dalam keadaan prima dan penuh semangat. Anda juga bisa menambahkan dengan membaca astagfirullah 100 kali sebelum berdoa supaya allah mengampuni dosa kita sehingga tidur kita akan semakin nikmat, insyaallah.

Kuncinya adalah yakin kalau anda akan bangun di sepertiga malam untuk melaksanakan shalat malam

Demikian tips dari saya tentang Cara Supaya Mudah Tidur dan Mudah Bangun Untuk Shalat Malam semoga bermanfaat dan jangan lupa tetap kunjungi blog ini karena akan ada artikel menarik lainnya terimakasih 😀